Sabtu, 15 Desember 2018

Pemanfaatan Instagram sebagai media E- Commers di era Ekonomi Digital #Ecodigi



Perkembangnya teknologi telah membuat dunia pemasaran juga semakin berkembang. Sebagai bagian dari aktivitas bisnis e-commerce, jual-beli online pun semakin marak dilakukan. Tak usah keluar rumah dan menghadapi macetnya jalan jika ingin membeli suatu barang.Dengan bermodalkan Internet dan gadget, transaksi jual/beli menjadi sangatlah mudah. Dan inilah menjadi awal dimulainya kebudayaan baru dalam ekonomi digital.
Adalah Instagram yang merupakan aplikasi berbagi foto dan video, instagram sendiri kini bnayak diminati oleh kalangan muda baik untuk memberi informasi berupa foto dan video dengan beberapa caption di dalamnya. Tidak hanya sebagai eksistensi diri situs jejaring sosial instagram rupanya banyak dimanfaatkan untuk berjualan online alias e-commers yang sangat sangat mudah dan menjanjikan. Databoks.com mencatat pengguna instagram dunia yang aktif pada januari 2018 ada 800 juta jiwa sementara Indonesia menempati peringkat ke-3 pengguna aktif instagram setelah Amerika Serikat dan Brazil yakni sekitar 60 juta jiwa. Dengan keadaan tersebt sangat besar dalm pengembangan bisnis e-commers secara khsusnya di aplikasi Instagram
Dengan mengunggah foto atau video produk, maka secara otomatis akan terseber luas. Ditambah lagi dengan adanya fitur instanstory maka si pengguna akan sesering mungkin menampilkan produk produk barang dagangan tersebut, dengan harapan para pengikut bisa melihat produk dan lantas tertarik untuk membelinya. Proses transaksi jual beli pun terjadi.
Namun dari kemudahan tersebut para pelaku bisnis online melalui instagram memiliki kendala dalam pembayaran. Mayoritas populasi Indonesia juga masih belum memiliki rekening bank sehingga penggunaan kartu kredit sebagai sarana utama pembayaran untuk e-Commerce belum maksimal.
Oleh karena itu, pengembang e-Commerce di Indonesia masih harus terus menawarkan berbagai alternatif metode pembayaran, termasuk fasilitas bayar di tempat (cash-on-delivery/COD) dan transfer bank untuk  ke depan.Salah satu rintangan terbesar yang harus dihadapi adalah peningkatan edukasi terhadap para pengguna e-Commerce di Indonesia.

#Ecodigi
 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar